Sumber air Kapyuran

Hey guys, jumpa lagi dengan gue, Pandu Galank yang masih akan tetap share tentang tempat pariwisata di Kecamatan Ngadirojo. Untuk postingan kali ini gue bakal bahas tentang tempat pariwisata yang bernama Kapyuran, yang merupakan tempat wisata berwujud sumber sekaligus air terjun.

Kapyuran merupakan salah satu mata air terjernih di Kecamatan Ngadirojo dan merupakan satu-satunya air terjun di sini. Mungkin ukuranya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Niagara hehehe :D . Lokasi dari air terjun ini tepatnya di Dusun Kaliatas, Desa Wiyoro. Letak dari pusat Kecamatan Ngadirojo menuju Kapyuran, sekitar 5 KM, dan membutuhkan waktu 15 menit, agak lama dikarenakan mungkin jalannya yang agak rusak.

Di lokasi air terjunnya, kita bisa melihat pemandangan dari air jernih yang mengalir menuju sungai kecil dibawahnya. Banyak bebatuan kapur yang mulai terbentuk dari kandungan kapur yang berasal dari air sumber utama. Jika kita mandi atau bermain disana kita akan merasakan sensasi sejuk dan dingin yang membuat kita sangat nyaman, dan pemandangannya juga menambah kesan sangat natural. Apabila kita naik ke atas air terjun dengan mendaki beberapa batuan kapur yang terdapat di sana, kita dapat melihat sebuah kolam kecil yang bisa digunakan untuk berendam dan menikmati suasana pedesaan.

Jika kita ingin tahu darimana asal sumber air jernih yang menjadi air terjun ini, kita dapat berjalan naik melalui jalan setapak yang konon dibangun oleh pembuat sumber tersebut. Kita dapat melakukan perjalanan kaki sekitar 300 meter untuk mencapai sumbernya, kita juga bisa melaluinya dengan naik sepeda motor tapi dengan sangat hati-hati karena jalannya terlalu licin untuk dilalui. Disepanjang perjalanan kita dapat melihat beberapa pemandangan yang unik seperti, goa kecil berdiameter 1 meter, dan juga terdapatnya pemakaman dari pembuat sumber tersebut yang dijaga anjing bertahun-tahun lamanya.

Setelah mencapai pusat sumber kapyuran kita bisa melihat beberapa tempat yang berbentuk seperti kolam ikan, yang konon dihuni beberapa ikan mistis seperti belut putih dan ikan gateng. Di sebelah timur terdapat sebuah kolam yang lumayan besar, yang merupakan sumber air dari kapyuran. Disini juga banyak pipa yang mulai disalurkan pada perumahan dan beberapa tempat tertentu, karena sumber disini dianggap paling bersih. Jika kita beralih menengok sebelah selatan, kita akan menemukan banyak pohon sungsang yang berbuah seperti anggur dan memiliki rasa seperti mangga. Pohon ini Cuma berbuah pada pergantian musim hujan ke musim kemarau. Dan menurut sepengetahuan gue, pohon itu langka dan diwilayah Kab. Pacitan sendiri baru ditempat ini gue nemuinnya.

Menurut orang di Kecamatan Ngadirojo, Kapyuran patut diacungi jempol atas keindahan dan keunikannya. Walaupun jalan menuju lokasi kurang bagus. Harapan masyarakat sekitar adalah untuk diadakannya perbaikan jalan menuju lokasi tersebut serta diadakannya perbaikan saluran air dari sumber menuju air terjunnya yang memang sudah banyak yang tertimbun sampah serta bebatuan.
Oke. Next post gue bakal kasih tau tempat wisata yang tentunya asik buat dikunjungi di wilayah Kecamatan Ngadirojo.

0 komentar: